Sejarah

Sejarah

Gagasan pendirian sekolah laboratorium bersama dengan lahirnya PTPG (20 Oktober 1954) yang kemudian menjadi IKIP, dan menjadi UPI. Pada tahun 1960 didirikan Taman Kanak-kanan, pada tahun 1964 didirikan Sekolah Dasar, dan tahun 1969 didirikan SMP yang disusul dengan kehadiran SMA. Semuanya berfungsi sebagai laboratory school.
Pada tahun 1974 SMA LabSchool UPI dijadikan Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP),sampai tahun 1984.dan tahun 1986 sekolah dasar dijadikan sekolah dasar Percobaan Negeri Setiabudhi,sedangkan SMP dijadikan SMPN38 dan SMA dijadikan SMAN 20.
Sekolah Laboratorium-Percontohan merupakan kebutuhan bagi UPI untuk mengkaji,mengembangkan dan melakukan pengujian berbagai inovasi dan temuan-temuan dalam bidang ilmu pendidikan,baik tatanan model teori,maupun praktis pendidikan.
Sekolah Laboratorium UPI yang meliputi TK,SD,SMP,dan SMA yang diresmikan oleh Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2003 bertepatan dengan hari peringatan Dies Natalis Universitas Pendidikan Indonesia.
Didirikannya SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru,merupakan jawaban atas keinginan masyarakat terhadap hadirnya sekolah unggul yang berbasis akademik,sosial dan religi.