Program Unggulan

Program Unggulan

SUPERCAMP 2016

 

Kemajuan dunia yang terus menyempit, tak pelak memunculkan berbagai dinamika sosial. Disadari atau tidak, era teknologi ini menjadi titik harapan era kebangkitan manusia zaman post moderintas, dan juga bisa menjadi ancaman dalam memberangus karakteristik manusia era modern. Potensi konflik pribadi maupun sosial sangat besar dalam era ini, kalau tidak segera diantisipasi dikhawatirkan akan melahirkan generasi-generasi melek teknologi akan tetapi pudar rasa cinta terhadap bangsa dan negara. Hal ini bisa disebabkan semakin sempitnya wawasan kebangsaan dan nasionalisme dalam diri masyarakat Indonesia.

Memudarnya rasa cinta tanah air, disebabkan tidak adanya wawasan kebangsaan yang bergelora dalam dada masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, SMP Laboratorium-Percontohan UPI Kampus Cibiru memandang bahwa masyarakat Indonesia, khususnya para siswa harus diberikan wawasan kebangsaan yang komprehensif agar rasa nasionalisme terhadap tanah air  terus bergelora. Rasa Nasionalisme ini perlu terus digelorakan agar bangsa ini tidak lupa terhadap sejarah bangsa dan negaranya.

SMP Laboratorium-Percontohan UPI Kampus Cibiru memandang perlu adanya program yang memberikan kontribusi terhadap pembinaan mental siswa agar memiliki wawasan kebangsaan yang luas, rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara Indonesia, serta memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam memacu etos kerja dalam menggapai masa keemasan negara Indonesia. Program yang dikembangkan oleh SMP Laboratorium-Percontohan UPI kampus Cibiru adalah kegiatan Supercamp. Kegiatan ini diperuntukkan bagi kelas VII.  Kegiatan supercamp ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pusdikkav TNI AD Padalarang, bandung Barat. Kegiatan  Supercamp pada tahun 2016  merupakan supercamp angkatan Ke VII. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kamis - sabtu, tanggal 8 - 10 September  2016, bertempat di pusseniv-pusdikkav TNI AD. Adapun jumlah peserta dan panitia yang mengikuti kegiatan tersebut adalah  150  siswa dan  16 orang guru pendamping.

Dalam kegiatan supercamp ini, para siswa dilatih untuk hidup mandiri dan disiplin. Mulai dari bangun pagi sampai menjelang tidur, semua siswa harus mengikuti aturan yang sudah diberlakukan pada saat supercamp. Tidak ada aktivitas main games ataupun main hp, karena semua barang elektronik tidak diperkenankan untuk dibawa pada saat kegiatan berlangsung.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan Supercamp ini adalah 1) Memberikan wawasan kebangsaan dan nilai sendi-sendi berbangsa dan  bernegara., 2) Menanamkan karakter Disiplin sejak dini sebagai modal dasar dalam   pengembangan karakter bangsa., 3) Memberikan wawasan tentang dasar-dasar kepemimpinan., 4) Membekali siswa tentang wawasan bela negara., 5) Merangsang kesadaran untuk hidup bekerja sama dan mengenal  lingkungan  diluar rumah., dan 6) Menanamkan sikap percaya diri dan tanggung jawab.